Kontribusi Kebun Binatang Tumbuhkan Ekonomi

0
81

Bandung, Pentas – Sekitar 60 Kebun Binatang yang tergabung dalam Perhimpunan Kebun Binatang Se Indonesia (PKBSI) dinilai memiliki kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi. Kegiatan seluruh kebun Binatang, disebut-sebut mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 22,000 orang. Demikian disampaikan Humas dan Promosi PKBSI, Sulhan Syafi’i, melalui rilis yang diterima pentastv, Jumat (24/04/2020).

Sulhan mengatakan, peran lain Kebun Binatang adalah Membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah melalui multiplier effect kegiatan hotel, restoran, transportasi, suplai pakan dan sebagainya.

“Termasuk berkontribusi langsung terhadap daerah setempat,”katanya.  

Total jenis satwa yang menjadi koleksi seluruh KB anggota PKBSI, terang Aan, sebanyak 4,912 jenis satwa endemik maupun satwa dari berbagai belahan dunia. Menurutnya, Satwa tersebut terdiri dari jenis karnivora, herbivora, reptilia, unggas, dan jenis lainnya.  

“Beberapa diantaranya tergolong flagship species yang menjadi icon Indonesia. Seperti Anoa, Harimau Sumatera, tapir, Orang Utan Sumatera dan jenis lainnya. Jumlah populasi total satwa di seluruh KB sebanyak ± 70,000 ekor. Secara legalitas, seluruh satwa dimaksud adalah asset negara yang bukan hanya wajib dilestarikan. Namun juga dijaga kesejahteraannya,” ungkap Sulhan.***