Tambah Sehat, Abah Siap Dilepasliarkan

0
34

Bandung, Pentas – Abah, macan tutul yang tertangkap di Ciamis saat ini kondisinya sangat bugar. Ini bisa terlihat dari gerak-geriknya yang sudah mulai nampak agresif saat dikasih makan. Fases nya juga sudah berbentuk dan Urine sudah normal.

Setiap kali keeper memberi makanan, abah mulai bersembunyi di bangku papan yang disiapkan di dalam kandang tersebut. Setelah ditinggalkan dia langsung menyantap makanan yang disiapkan setiap hari di Bazoga.

Setiap hari petugas atau keeper memberikan pakan ayam hidup 1 ekor dan juga kombinasi dengan daging sapi. Totalnya 1 kg ayam dan 1 kg daging sapi.

Alasan memberikan ayam hidup adalah untuk menjaga insting liarnya agar tetap normal.

Saat dimasuki ayam hidup, Abah dengan cepat menerkam ayam tersebut kemudian ia menyantap ayam itu secara perlahan kemudian baru memakan daging sapi yang dimasukkan juga ke kandang.

Abah saat ditimbang 2 minggu yang lalu berbobot 37,7 kg. saat ini bulunya nampak berkilau dan keagresifan nya juga sudah mulai pulih.

Menurut tim dokter kebun binatang Bandung atau Bazoga, memang sudah saatnya Abah dilepasliarkan.

Bagi Bazoga, menjaga dan merawat macan tutul ini merupakan sebuah langkah positif karena tim dokter bisa memiliki pengalaman untuk melakukan tes medis kesehatan dan juga merawat satwa liar ini.

Ini adalah bagian dari CSR bazoga merawat dan memberi pakan selama sebelum dilepas.

Namun demikian, kami berharap pemerintah cepat mengambil langkah langkah untuk segera melepasliarkan macan tutul ini. Karena bagaimanapun bila terlalu lama dalam kandang dikhawatirkan insting nya akan tumpul.

Saat ini abah berada di dalam kandang seluas 4 x 2,7 meter dan memiliki satu bangku papan untuk menggaruk garuk dan juga untuk tidur.